Dampak Perubahan Iklim, Pemenuhan Hak Penyandang Disabiltas Harus Dipriotitaskan

  • 4
  • 252
© Image kemenkoPMK-istimewa

JAKARTA (15/12/2023), Kemenko PMK terus berupaya mendorong kementerian dan lembaga untuk dapat menyediakan program dan layanan bagi para penyandang disabilitas agar dapat turut berperan aktif dalam pembangunan Indonesia.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Nunung Nuryartono saat memberikan sambutan dalam agenda dialog interaktif dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 pada Jumat (15/12/2023).

“Selain itu, bagi para penyandang disabilitas yang kurang produktif, bantuan sosial juga tersedia untuk mereka,” kata Nunung.

Lanjutnya, penyandang disabilitas dalam Siklus Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dapat dijumpai pada seluruh fase kehidupan manusia, mulai dari prenatal dan PAUD hingga lanjut usia.

Berdasarkan data yang ada, diperkirakan jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai angka 22,97 juta jiwa dengan jumlah disabilitas terbanyak pada usia dewasa (18-59 tahun) dan usia lanjut (60 tahun ke atas).

Selain itu, Nunung mengatakan perubahan iklim yang terjadi belakangan ini juga turut berdampak kepada para penyandang disabilitas. Laporan Asesmen IPCC ke-6 2023 menegaskan bahwa dampak buruk perubahan iklim turut dirasakan oleh kelompok-kelompok miskin, rentan, dan terpinggirkan.

“Mengancam hak asasi mereka atas hidup, air, pangan, kesehatan, perumahan, aksesibilitas, mobilitas pribadi, pendidikan, pekerjaan, partisipasi dalam kehidupan budaya, hidup mandiri, dan kebebasan bergerak,” kata Nunung.

Ia menegaskan, bantuan mobilitas atau pendampingan yang tepat bagi penyandang disabilitas sangat diperlukan dalam upaya pertolongan dan pelayanan evakuasi.

Akses kemudahan, lokasi pengungsian yang baik, air dan sanitasi serta sarana dan prasarana yang baik dapat mengakomodasi kebutuhan para penyandang disabilitas.

Senada dengan itu, Dewan Hak Asasi Manusia PBB juga telah mengakui bahwa hak asasi manusia bagi penyandang disabilitas sangat terpengaruh oleh dampak negatif perubahan iklim yang sedang terjadi. *PS

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Wakil Presiden Hadiri Anugerah Revolusi Mental 2023
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook