Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang

  • 4
  • 825
© Image

Festival Lima Gunung diselenggarakan seniman petani Komunitas Lima Gunung (KLG) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Magelang, 09/08/22 - Komunitas Lima Gunung kembali menggelar pesta budaya Festival Lima Gunung atau pesta budaya para petani yang ada di lereng lima gunung di Kabupaten Magelang, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Andong Menoreh dan Sumbing.

 

“Festival Lima Gunung tahun 2022 ini merupakan untuk ke 21 kalinya pesta kesenian tahunan para petani lima gunung,” kata Ketua Komunitas Lima Gunung, Supadi Haryanto di sela-sela pembukaan Festival Lima Gunung ke-21 di Studio Mendut, Kabupaten Magelang, Senin (8/8/2022).

 

Supadi mengatakan, penyelenggaraan FLG ke-21 tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan FLG  tahun 2020 dan 2021 lalu. Yakni, lebih terbuka dalam memberitahukan kepada khalayak umum.

 

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam( API) Tegalrejo, KH M Yusuf Chudlori mengatakan, pembukaan  Festival Lima Gunung yang tahun ini sudah menginjak tahun ke -21 dan bertepatan dengan hari ke-10 bulan Sura (Muharam), merupakan suatu keistimewaan.

 

“Pembukaan FLG ke-21 yang bertepatan dengan hari ke-10 Sura, menurut saya merupakan suatu yang istimewa. Karena, di bulan Muharam ini merupakan bulan untuk permohonan segala sesuatu agar menjadi kebaikan,” kata Gus Yusuf. Dyas

 

Seniman tari Didik Nini Thowok  ikut meramaikan pembukaan Festival Lima Gunung ke-21 di Studio Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

 

Reporter : MKH

Prev Post
Next Post Perayaan Yadna Kasada Suku Tengger
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook