Jabodetabek Hujan Mendadak, BMKG Sebut Bagian dari Akhir Pancaroba

  • 4
  • 49
© Image Getty images

Jakarta, (29/10/23) - Hujan yang mulai mengguyur sejumlah wilayah di kawasan Jakarta, Bogor Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tak berarti tanda masuk musim hujan. Ini baru akhir tahap pancaroba atau masa peralihan musim.

Wilayah ini setidaknya dalam dua hari terakhir, Selasa (24/10) dan Rabu (25/10), mulai diguyur air hujan. 

Berdasarkan Ikhtisar Cuaca Harian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) per 25 Oktober, daerah dengan curah hujan terlebat di Jabodetabek ada di Bogor. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangannya mengatakan bahwa, meskipun curah hujan meningkat, wilayah ini belum masuk musim hujan. "Masih belum masuk musim hujan, namun sudah indikasi mengarah akhir Pancaroba," tuturnya, Kamis (26/10/2023).

Syarat masuknya awal musim hujan, menurut Guswanto, adalah tercatatnya curah hujan setidaknya 50 mm dalam tempo tiga kali dasarian alias sebulanan berturut-turut.

Hujan yang terjadi di Jabodetabek belakangan ini dijelaskan oleh Guswanto sebagai hujan orografis yang bersumber dari awan hujan single sel. Hujan orografis adalah hujan yang terjadi akibat proses kondensasi uap air saat udara naik melalui pegunungan.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memprediksi musim hujan akan tiba di mayoritas wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, pada November 2023. Ia menyebut, peralihan angin dari Australia ke arah benua Asia akan membawa uap air dari Samudera Pasifik, yang kemudian diharapkan akan membentuk awan-awan hujan dan mendatangkan musim hujan di wilayah kepulauan Indonesia.

Melalui informasi ini, masyarakat diharapkan dapat mempersiapkan diri dan mengambil langkah-langkah preventif untuk menghadapi musim hujan yang akan datang. *BMKG

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Kontingen Indonesia dipastikan mencetak sejarah baru di Asian Para Games 2023
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook