Jadi Desa Gotong Royong Terbaik Jatim, Kades Sidomulyo: Ini adalah Prestasi Warga

  • 4
  • 152
© Image deswitasidomulyo.com

Desa sidomulyo adalah desa wisata yang berbasis gotong royong. Artinya melibatkan warga sekitar untuk berbondong-bondong menciptakan destinasi baru.

JEMBER (30/11/2022), Puncak acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Jawa Timur (Jatim) diselenggarakan di Kabupaten Jember membawa kabar yang membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Jember. Hal ini dikarenakan Desa Sidomulyo Kabupaten Jember dinobatkan sebagai desa dengan gotong royong terbaik pertama dari 8.756 desa yang ada di Jawa Timur.

Bupati Jember menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas prestasi yang diterima oleh Desa Sidomulyo. Menurutnya hal ini membuktikan bahwa inovasi dan Kerjasama antar warga desa terjalin dengan baik sehingga mampu meraih desa Gotong Royong terbaik di Jatim.

“Capaian ini menjadi bukti bahwa inovasi dan kerja bersama antar warga desa berjalan. Bisa menjadi motivasi bagi ratusan desa lainnya. Sidomulyo bisa menjadi yang terbaik, kenapa yang lain tidak?,” ucap Bupati Hendy (28/11).

Sejumlah pejabat Pemprov Jatim hadir dalam puncak acara BBGRM Jatim, di antaranya Sekretaris Daerah Jatim Adhy Karyono, Ketua Tim Penggerak PKK Jatim Arumi Bachsin, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jatim Soekaryo.

"Peringatan bulan bhakti itu dilaksanakan untuk melestarikan kebiasaan mulia masyarakat. Tujuannya untuk saling terbuka, mendukung, dan membantu satu sama lain. Khususnya, dalam berbagai bidang pembangunan," katanya berharap hal ini bisa meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam meningkatkan integritas sosial menuju Jatim maju dan sejahtera.

"Ada empat desa dan empat kelurahan yang dinobatkan sebagai desa dan kelurahan dengan gotong royong terbaik se-Jatim, salah satunya Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember," imbuh Soekaryo berharap semangat gotong royong terus membara di Jatim.

Kepala Desa Sidomulyo, Kamiludin yang akrab disapa “Mas Kades” oleh masyarakat Sidomulyo menyampaikan bahwa upaya membangun desa Sidomulyo dilakukan dengan semangat gotong royong. Menurutnya ini merupakan integrasi dari semangat membangun desa yang dilakukan secara bersama-sama melibatkan semua pihak dalam menciptakan rukun wisata.

“Desa sidomulyo adalah desa wisata yang berbasis gotong royong artinya melibatkan warga sekitar untuk berbondong-bondong menciptakan destinasi baru baik itu kesenian, wisata alam, kebudayaan, dan wisata edukasi yang diintegrasikan oleh pemerintah desa yang disebut rukun wisata,” ungkap Mas Kades Kamiludin, Selasa (29/11)

Kamiludin pun melanjutkan bahwa penghargaan menjadi Desa Gotong Royong Terbaik Jatim ini merupakan suatu upaya bersama. Untuk itu dia menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Sidomulyo yang sudah berperan aktif sehingga desa Sidomulyo bisa menerima banyak prestasi.

“Kepala desa tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari masyarakat untuk bersama-sama membangun desa. Menjadi harapan kami agar bisa tercapai maju desanya, bahagia warganya,” pungkasnya. *Rfs

Keterangan foto ; Gotong royong bersih desa di Dusun Curah Manis, Desa Sidomulyo, Jember

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Inilah Enam Fase Siklus Pembangunan Manusia, Muhadjir: Agar Siap Hadapi Bonus Demografi 2030
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook