Lawatan Jokowi Bawa Misi Perdamaian Ukraina-Rusia

  • 4
  • 190
© Image

Lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Eropa kali ini menegaskan pesan penting. Jokowi membawa misi perdamaian agar Rusia dan Ukraina segera menghentikan perang.

 

Jakarta, 27/06/22 - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke empat negara yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab, pada Minggu, 26 Juni 2022. Presiden akan terlebih dahulu mengunjungi Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 sebelum kemudian memulai misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia.

 

Di forum G7, Jokowi akan mendorong para pemimpin negara untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina. Selain itu, Jokowi menyerukan para pemimpin G7 untuk mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan energi.

 

Setelah hadir dalam KTT G7, Jokowi memastikan akan langsung bertolak ke Ukraina. Jokowi akan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky.

 

Selepas berkunjung ke Ukraina, Presiden Jokowi akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengusung misi perdamaian yang sama dan akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan menghentikan perang.

 

Selain membahas kemungkinan kedua negara membuka dialog dan menghentikan perang yang sudah terjadi dalam empat bulan terakhir, Jokowi juga akan membahas mengenai rantai pasok pangan yang selama ini terhambat.

 

 

“Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” lanjutnya.

 

Dari Rusia, Presiden Jokowi kemudian akan berkunjung ke Persatuan Emirat Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dengan Persatuan Emirat Arab. Presiden memandang penting kunjungan ini, bukan hanya untuk Indonesia, melainkan juga untuk negara-negara berkembang lain.

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Cnbcindonesia.com (2022). Diakses pada tanggal 27 Juni 2022. 

Detik.com (2022). Diakses pada tanggal 27 Juni 2022. 

Presidenri.go.id (2022). Diakses pada tanggal 27 Juni 2022.

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Tanam Pohon untuk Swadaya Pangan
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook