Media Sosial dan perannya di Era Digital

  • 4
  • 56
© Image Int

JAKARTA -- Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mampu mengisi setiap sendi kehidupan, termasuk cara Masyarakat kita berkomunikasi. Media sosial, sebagai alat dari transformasi ini, menjadi pilar penting yang merubah cara interaksi manusia. Media Sosial kini nyatanya telah mampu menjadi representasi individu secara virtual berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain dan bahkan membentuk ikatan sosial.

Realitas hari ini, dimana pemahaman mendalam terhadap dampak media sosial pada cara kita berkomunikasi merupakan sesuatu yang mutlak untuk dikuasai. Menurut Khotimah (2018), peran media sosial tidak hanya memengaruhi pola komunikasi, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat.

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi salah satu motor penggerak perubahan dalam cara kita berkomunikasi. Akan tetapi, di balik dampak positifnya, media sosial juga membawa konsekuensi negatif. Terjadi beragam aksi kejahatan yang berbasis pada media sosial hingga muncul nya relasi antar manusia yang tak sesuai dengan budaya timur kita merupakan segilinir contoh dari dampak negatif akibat pesatnya media sosial kita.

Namun demikian dalam konteks hari ini, media sosial juga harus dilihat sebagai bentuk media yang berperan sangat vital dalam kehidupan masyarakat. Media sosial pun pada fase terentu mampu menciptakan ruang interaksi yang memberikan pengaruh pada cara kita berpikir hingga berimplikasi pada tindakan. Pentingnya media sosial, dalam membentuk opini dan perilaku masyarakat menjadi kian kentara.

Media online misalnya sering disebut sebagai jenis media yang beroperasi melalui teknologi telekomunikasi dan multimedia, termasuk di dalamnya komputer dan internet. Media online, termasuk media sosial, menarik perhatian khalayak dari berbagai kalangan.

Terdapat beberapa manfaat menggunakan media sosial. Salah satu diantaranya adalah sebagai sumber inspirasi, individu menjadi lebih kreatif,  kemudahan berjejaring dengan semua orang, tanpa hambatan komunikasi, kemudian dapat menemukan berbagai peluang bisnis, dan lebih mudah untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia. 

Dalam era digital yang terus berkembang, peran platform media sosial menjadi semakin signifikan dalam mengubah dinamika komunikasi dan interaksi. Fokus utama pada tiga platform yaitu Instagram, TikTok, dan YouTube yang memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana setiap platform memberikan kontribusi uniknya dalam membentuk cara kita berkomunikasi dan berinteraksi.

Di instagram fitur-fitur seperti Instagram Stories dan IGTV merupakan ruang untuk kreativitas singkat namun memikat, memengaruhi cara kita menyampaikan pesan dan berinteraksi secara digital. Platform ini juga menjadi lapak bisnis dan promosi yang menampilkan produk secara langsung kepada konsumen.

TikTok, dengan fokus pada video pendek yang diiringi musik, memunculkan gelombang alogaritma serta kreativitas baru. Mirip dengan IG, TikTok bukan hanya platform media sosial, tetapi juga sumber hiburan dan ungkapan kreativitas yang dinamis. 

Sementara YouTube, sebagai platform video panjang, mampu menjadi surga bagi para pembuat konten dalam menyajikan informasi, hiburan, dan edukasi secara lebih detail dan luas. Algoritma dan model bisnis yang berkembang di YouTube menciptakan lingkungan yang mendukung variasi konten yang mendalam, memberikan pengguna pengalaman beragam.

Dari ulasan diatas kita dapat melihat bagaimana ketiganya membentuk pola komunikasi, menciptakan ruang kreativitas, dan menghadirkan kehidupan digital yang unik. Akan tetapi lebih daripada itu kemudahan berkomunikasi di media sosial juga membawa tantangan komunikatif seperti penipuan dan konten negatif.  Dengan demikian, peran media sosial tidak hanya membentuk ikatan sosial, tetapi juga menggambarkan norma komunikasi dan budaya masyarakat.

Kesadaran akan dampak media sosial dalam berkomunikasi tercermin dari perubahan perilaku masyarakat. Karenanya penting bagi kita sebagai pengguna maupun penikmat media sosial unuk tetap menghadirkan nilai serta spirit positif, seperti nilai persatuan dan gotongroyong. Sebab terlepas dari manfaatnya, risiko dan konsekuensi negatifnya menegaskan bahwa media sosial memainkan peran kunci dalam membentuk dinamika komunikasi dan interaksi sosial. Sebagai pengguna media sosial, penting untuk bertindak bijak dalam memanfaatkan platform ini agar dapat meraih manfaat maksimal tanpa mengabaikan risikonya.

Editor : Ardeni


Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Relasi para Influencer dengan Generasi-Z di Era Digital
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook