Menjaga Indonesia Ala Generasi Muda Koperasi Film Kinarya

  • 4
  • 363
© Image tangkapan layar

Koperasi anak muda ini mewujudkan dua aksi nyata yang diinisiasi Kemenko PMK yakni Aksi Nyata Penanaman Sepuluh Juta Pohon dan Gerakan Ayo Berkoperasi.

JAKARTA (31/10/2022), Presiden Jokowi berulang kali mengatakan kondisi ekonomi dunia makin tidak pasti. Bahkan tahun depan, Jokowi sudah mewanti-wanti bahwa kondisi dunia dalam 'awan gelap' dan akan ada badai besar yang akan menghadang. Harus ada perubahan mental, pemuda wajib berkontribusi karena perubahan akan selalu membutuhkan Aksi Nyata.

Aksi Nyata itu bisa diwujudkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti pelestarian lingkungan, kemandirian ekonomi, dan yang terpenting adalah gotong royong untuk kreativitas dan inovasi. Semangat menjaga Indonesia dengan Deklarasi Menolak Gelap 2023 ini adalah tanda bahwa pemuda,  Gen Z dan Milenial peduli akan nasib bangsa.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Revolusi Mental Kemenko PMK Katiman Kartowinomo dalam acara deklarasi secara virtual Menolak Gelap 2023. Deklarasi ini dilakukan  dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda secara virtual oleh  Gen Z dan Milenial yang tergabung dalam wadah Kinarya Coop. Acara dikemas sederhana dan ringan, namun sarat akan semangat nasionalis anak muda dari berbagai usia dan talenta.

Kemenko PMK bersama 7 kementerian dan lembaga, pengusaha, dunia perbankan, secara gotong royong sebelumnya mendukung pembuatan karya Film Impian 1000 Pulau yang dihasilkan secara mandiri lewat Koperasi Kinarya atau Kinarya Coop dengan penerapkan sistem inkubasi magang. Film ini membuka peluang kepada generasi milenial untuk berkoperasi, mewujudkan mimpi di dunia perfilman, dan berkonstribusi dalam menjaga lingkungan.

“Kinarya Coop mengalang pemuda untuk berkoperasi, adalah wujud Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dalam hal ini Gerakan Indonesia Mandiri.  Hal ini sejalan dengan Aksi Nyata yang digerakkan Kemenko PMK yakni Gerakan Ayo Berkoperasi. Selain itu, Kinarya Coop juga mendukung Aksi Nyata yang diinisiasi Kemenko PMK yakni Penanaman Sepuluh Juta Pohon yang digulirkan sejak Mei lalu,” tutur Katiman.

Dukung Penanaman Sepuluh Juta Pohon

Selain ajakan berkoperasi, kontribusi dari anggota Kinarya Coop adalah menjaga eksosistem perairan laut. Dengan gotong royong  lewat nonton bareng Film Impian Seribu Pulau diharapkan bisa membantu recovery 1,5 juta lahan mangrove yang telah rusak.  

“Setidaknya, langkah awal diharapkan film ini ditonton oleh 5 juta penonton. Karena dengan membeli tiket ini hingga  mencapai 5 juta kita punya hastag  #1ticket1mangrove maka kita bisa menanam 5 juta mangrove di Kepulauan Seribu. Tidak hanya itu, 5 juta penonton berarti pula 5 juta anggota koperasi film. Kegiatan ini tentu mendukung GNRM dalam hal ini juga mendukung Aksi Nyata GNRM lewat Penanaman Sepuluh Juta Pohon yang telah bergulir sejak Mei lalu,” tutur Ketua Kinarya Coop, Ivonne Zakaria

Dalam deklarasi Menolak Gelap 2023 hadir pula Pemda Kepulauan Seribu dan masyarakat Kepulauan seribu yang dijadikan lokasi pembuatan Film Impian Seribu Pulau. Film ini digarap oleh Gen Z dan Milenial anggota Koperasi Kinarya. Selain berkoperasi, anggota bisa mengembangkan talentanya di dunia perfilman.

Dalam deklarasi itu dilaksanakan pula soft launching lagu Jayalah Indonesia  yang dinyanyikan oleh 196 pelajar dari 42 sekolah BPK Penabur. Lagu  ini akan berlanjut menuju ke penampilan drama musikal yang rencananya akan ditampilkan pada tanggal 1 Juni 2023 mendatang.

“Nanti akan diadakan juga festival kuliner nusantara dan berbagai kegiatan lain. Tentunya menjadi strategi kreatif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, Revolusi Mental dan SDG’s yang selalu diusung oleh Kinarya Coop,” imbuh Ivony

Deklarasi ini mendapatkan dukungan dari lebih dari 250 sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan berbagai kota dan kabupaten Indonesia.

“Tidak hanya pelajar dan mahasiwa, beberapa instansi serta Alumni TOT Angkatan III Lemhannas RI tahun 2022 yang turut menyatakan mendukung terhadap program #1ticket1mangrove,” ujar Ivony seraya berharap bahwa tindakan preventif menolak gelap layak  diperjuangkan. *ps

 

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Timnas Basket Putri Juara Liga Basket Putri Asia Tenggara
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook