Menko Muhadjir pastikan persiapan PON XXI Aceh-Sumut berjalan baik

  • 4
  • 25
© Image Media Revmen

JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, berdasarkan laporan masing-masing pemerintah provinsi dan Kementerian/Lembaga, sejauh ini progres pembangunan dan revitalisasi Stadion Utama Sumut telah mencapai 41,27%, dan untuk Stadion Harapan Bangsa Aceh mencapai 31,35%.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 tinggal sekitar 4 bulan lagi. Sejauh ini persiapannya berupa pembangunan fasilitas, sarana prasarana sudah berjalan dengan baik. 

“Pembangunan infrastruktur utama dan pendukung di kedua provinsi tersebut dipastikan sudah berjalan dengan lancar dan dapat digunakan sesuai dengan target yang direncanakan” ucap Menko PMK ketika Rapat Tingkat Menteri Persiapan Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024, yang berada di Ruang Rapat Kantor Kemenko PMK, pada Selasa (14/5/2024).

PON XXI digelar di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara pada tanggal 8-20 September 2024. Pelaksanaan PON di Aceh akan mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.636 Atlet dan 2.752 Official. Sementara PON di Sumut mempertandingkan 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 528 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 Atlet dan 3.140 Official. 

Muhadjir juga menyampaikan, untuk memenuhi kebutuhan anggaran akomodasi dalam pelaksanaannya akan dilakukan mekanisme sharing cost . Sebesar 50% pembiayaan ditanggung oleh Pemerintah Daerah penyelenggara PON dan 50% sisa pembiayaan akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah yang akan mengirimkan para atlet dan official sebagai peserta PON.

Untuk lebih tegas, nantinya dari Kemendagri akan memberikan imbauan melalui Surat Edaran kepada masing-masing pemerintah daerah untuk menghitung anggaran yang akan dikeluarkan untuk akomodasi. “Sehingga nanti anggaran yang disetorkan ke penyelenggara menjadi biaya sharing akomodasi,” ujar Muhadjir.

Menko memaparkan untuk kebutuhan anggaran guna pelaksanaan seremonial upacara pembukaan dan penutupan akan diusulkan dalam penambahan anggaran yang dialokasikan lewat Alokasi Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara.

Rapat dihadiri oleh beberapa Menteri dibawah koordinasi Kemenko PMK, seperti Menteri Pemuda dan Olahraga dan Menteri Dalam Negeri. Hadir juga Pj. Gubernur Sumatera Utara dan Pj. Gubernur Aceh serta beberapa staff kemeterian terkait.

 

Editor : Ardeni

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Pendidikan Vokasi dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook