Muhadjir Effendy Kenang Doni Monardo Sosok Tak Kenal Menyerah

  • 4
  • 28
© Image Doc. Kemenko PMK

Jakarta, (05/12/23) - Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengungkap kedekatannya dengan sosok mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Monardo. Muhadjir menceritakan bahwa Doni merupakan sosok yang sering bekerja sama dengannya dalam menghadapi pandemi Covid 19.

"Saya sangat dekat dengan beliau karena kebetulan waktu menjadi kepala BNPB, BNPB itu berada di bawah koordinasi Kemenko PMK dan saya memiliki intensitas kerja sama yang sangat tinggi ketika sama-sama menangani Covid-19 sejak awal waktu namanya masih Corona," jelas Muhadjir usai menghadiri pemakaman Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Ia juga mengungkap kontribusi Doni saat mengevakuasi anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dan warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Wuhan, Tiongkok di masa awal pandemi Covid-19.

"Waktu itu kita mengevakuasi WNI dari Wuhan, Tiongkok dan berlanjut dengan  mengevakuasi anak buah kapal yang ada di Diamond Princess. Perlu diketahui bahwa itu episentrum kedua setelah Wuhan dan ada 120 lebih anak buah kapal dari WNI yang kita evakuasi," imbuhnya. 

Ia kemudian menceritakan bahwa Doni Monardo merupakan sosok pekerja keras yang tetap bekerja meskipun kondisi kesehatannya kurang prima kala itu. 

"Pak Doni pekerja keras, tidak kenal menyerah, walaupun pada waktu itu beliau juga sudah mulai ada kondisi yang kurang prima," ungkapnya. 

"Namun, beliau betul-betul bekerja penuh, 24 jam tidak pernah pulang selama menangani Covid-19 itu," sambungnya.

Seperti diketahui, mantan kepala BNPB dan Ketua Satuan Tugas Covid-19 Doni Monardo meninggal dunia pada Minggu (3/12/2023) sekitar pukul 17.35 WIB.

Meninggalnya Doni Monardo pertama kali dikabarkan oleh  staf pribadinya, Egy Massadiah.

"Telah meninggal dunia Letjen Purn DR HC Doni Monardo (kelahiran 10 Mei 1963) pada hari Ahad, 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB," kata Egy kepada wartawan, Minggu (3/12/2023).

Sosok Doni Monardo cukup dikenal oleh masyarakat sebagai kepala BNPB sekaligus ketua Satgas Covid-19 yang menginisiasi pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. *FAE

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Peran Global Indonesia Melalui Diplomasi Kemanusiaan
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook