Pendidikan Vokasi dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045

  • 4
  • 38
© Image Int

JAKARTA -- APA itu Vokasi? Sebagian kita mungkin masih ada yang asing dengan vokasional, istilah ini masih mengundang pertanyaan dan kebingungan. Namun, sebenarnya Vokasional adalah singkatan dari Vocational Education and Training (VET) yang memiliki arti pendidikan dan pelatihan kejuruan.

Pendidikan Vokasi adalah program pendidikan yang menitikberatkan pada pengembangan keterampilan praktis di bidang tertentu, yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Program ini bertujuan untuk membentuk lulusan yang siap kerja dengan kemampuan dan keterampilan khusus sesuai dengan bidang yang dipilihnya. Lulusan program vokasi diharapkan memiliki penguasaan teknologi modern, pengetahuan dan keterampilan yang spesifik di bidang yang dimilikinya baik pada tingkat akademik maupun praktis.

Program vokasi sangat penting bagi siswa yang ingin mengejar karir di bidang tertentu. Program ini terfokus pada pelatihan praktis, mempersiapkan siswa tidak hanya untuk lulusan tapi juga untuk bekerja di bidang yang mereka pilih. Dalam kurikulum vokasi, siswa memperoleh keterampilan dalam berbagai bidang seperti teknologi informasi, desain grafis, bisnis, mode, pertanian, konstruksi, dan banyak lagi.

Pendidikan vokasi menawarkan berbagai keuntungan bagi siswa yang memilih jalur ini. Siswa dapat memperoleh keterampilan praktis yang akan membantu mereka memasuki pasar tenaga kerja yang kompetitif, berpotensi untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan kemampuan untuk mengembangkan karir mereka pada tingkat yang lebih tinggi.

Bonus demografi yang kelak akan kita milki tentu sangat penting untuk dipersiapkan sejak sekarang. Aspek utama yang mesti diperhatikan adalah kemampuan tenaga kerja kita pada ketrampilan-ketrampilan khusus yang dibutuhkan oleh dunia industri kita kedepan.

Salah satu upaya meningkatkan kapasitas dan ketrampilan tenaga kerja kita adalah dengan menggalakan program vokasi sejak dini. Diharapkan pada gilirannya nanti generasi hasil dari pendididkan vokasi kita akan melahirkan generasi yang unggul terutama dalam menyongsong era generasi emas 2045.

Generasi vokasi adalah generasi yang siap menempati posisi strategis kedepan terutama di dunia industri kita karena kemampuannya yang spesifik bahkan kedepan diharapkan generasi-genarasi vokasi hari ini menjadi generasi ahli dibidangnya masing-masing.

 

Editor : Ardeni

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Menko PMK Soal UKT Mahal : ‘Jangan Tiba-Tiba’
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook