Profil Azyumardi Azra, dari Rektor Hingga Gelar Kehormataan Kerajaan Inggris

  • 4
  • 226
© Image Republika.co.id

Prof. Azyumardi Azra, menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu 18/09/2022 di Malaysia. Semasa hidupnya Prof Azra dikenal sebagai cendekiawan muslim.

Jakarta, 18/09/22 - Kabar duka datang dari keluarga besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE menghembuskan nafas terakhirnya pada, Minggu 18 September 2022 pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia. 

Sebelumnya Azyumardi dikabarkan mengalami sesak nafas dalam penerbangan dari Jakarta menuju Malaysia. Prof. Azra sempat mendapatkan perawatan secara intensif oleh tim dokter di Rumah Sakit Selangor, Malaysia. 

Semasa hidupnya, pria yang akrab disapa Prof Azra ini dikenal sebagai cendekiawan muslim. Azra yang lahir pada 4 Maret 1955 ini dikenal sebagai akademisi muslim asal Indonesia. Ia juga mendapat julukan sebagai cendekiawan muslim karena memiliki deretan prestasi di bidang pendidikan, khususnya untuk pendidikan agama Islam.

Salah satu jabatan yang dipegang Azra sebelum meninggal dunia adalah sebagai Ketua Dewan Pers. Namun jauh sebelum itu, Azra juga pernah duduk sebagai rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998 hingga 2006.

Azyumardi memulai karier pendidikan tingginya sebagai mahasiswa sarjana di Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1982, kemudian atas bantuan beasiswa Fulbright, ia mendapakan gelar Master of Art (MA) pada Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah, Universitas Columbia tahun 1988. 

Pada 1992, ia memperoleh gelar Master of Philosophy (MPhil) dari Departemen Sejarah, Universitas Columbia tahun 1990, dan Doctor of Philosophy dengan disertasi berjudul The Transmission of Islamic Reformism to Indonesia: Network of Middle Eastern and Malay-Indonesian ‘Ulama ini the Seventeenth and Eighteenth Centuries

Kembali ke Jakarta, pada tahun 1993 Azyumardi mendirikan sekaligus menjadi pemimpin redaksi Studia Islamika, sebuah jurnal Indonesia untuk studi Islam. Azyumardi pernah pula menjadi profesor tamu pada Universitas Filipina dan Universitas Malaya, Malaysia keduanya pada tahun 1997. 

Sejak Desember 2006 menjabat Direktur Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Sebelumnya sejak tahun 1998 hingga akhir 2006 Azyumardi Azra adalah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ia pernah menjadi Wartawan Panji Masyarakat (1979-1985), Dosen Fakultas Adab dan Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (1992-sekarang), Guru Besar Sejarah Fakultas Adab IAIN Jakarta, dan Pembantu Rektor I IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (1998).

Prof. Azra juga merupakan orang Asia Tenggara pertama yang di angkat sebagai Professor Fellow di Universitas Melbourne, Australia (2004-2009), dan anggota Dewan Penyantun (Board of Trustees) Universitas Islam Internasional Islamabad Pakistan (2004-2009). Ia juga masih menjadi salah satu anggota Teman Serikat Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.

Pada tahun 2010, Azyumardi Azra memperoleh titel Commander of the Order of British Empire (CBE). Titel ini merupakan sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan menjadi 'Sir' pertama dari Indonesia.

Gelar CBE diberikan Kerajaan Inggris kepada individu untuk menghargai kontribusi positif yang telah dilakukan di bidang pekerjaan mereka. Dengan gelar ini, Azyumardi Azra dianggap telah diakui sebagai anggota keluarga bangsawan Inggris.

Dengan gelar ini, Azra bebas keluar masuk Inggris tanpa visa. Ia juga mendapat kehormatan ketika berada di Inggris. Bahkan ketika Pangeran Charles, kini Raja Charles III, datang ke Indonesia ia didampingi oleh Azra.

Azra meninggal pada usia 67 tahun di Selangor, Malaysia. Azyumardi meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit Kedah, Selangor, Malaysia. Kini jenazahnya sedang menjalani proses pemulangan ke Tanah Air.

Selamat Jalan Guru Kami

Reporter : MKH

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Tangan Dingin Shin Tae-yong Bawa Dua Timnas Indonesia ke Piala Asia
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook