Desa Seboro Kebumen Dukung Aksi Penanaman 10 Juta Pohon

  • 4
  • 214
© Image

Penulis : Bilahudin/Sekdes Desa Seboro dan Yusuf Murtiono, Yayasan Pemberdayaan Pesantren dan Masyarakat, Kabupaten Kebumen

 

Pemerintah Indonesia melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melaksanakan Aksi Nyata Penanaman 10 Juta Pohon. Pemerintah Desa Seboro, Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen mengikuti aksi ini yang ditandai dengan penanaman pohon buah di lahan Desa, Selasa (24/5). Penanaman sepuluh juta pohon dibuka simbolis secara virtual oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir menegaskan bahwa penanaman pohon ini sejalan dengan program pemerintah yakni mengurangi risiko bencana, pengendalian perubahan iklim, dan mengatasi kekurangan bahan pangan seperti pohon buah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Seboro, Adi Subarkah dan Sekretaris Desa Seboro, Bilaludin berkesempatan berdialog langsung dengan Muhadjir Effendy. Dalam dialog tersebut, dijelaskan bahwa pada penanaman serempak hari itu, pemerintah desa hanya menanam beberapa pohon saja. “Penanaman akan dilanjutkan di hari berikutnya dengan melibatkan karang taruna, ibu-ibu PKK, relawan Desatana, dan lembaga desa terkait, “tegas Adi Subarkah.

Penanaman selanjutnya dilaksanakan pada lahan tidur milik desa yang selama ini tidak dimanfaatkan. Pohon yang ditanam sejumlah 500 pohon buah terdiri dari  jambu, belimbing, durian, dan kelengkeng. Sementara 1000 bibit lainnya adalah bibit pohon keras. Desa seboro merupakan desa di Kabupaten Kebumen yang sangat luas, dengan luas wilayah 1501 Ha, dan merupakan wilayah pegunungan. “Untuk itu, kami sangat berharap mendapatkan bantuan bibit buah seperti buah alpokat, dan pohon buah lainya karena lahannya sangat cocok untuk pohon buah, “imbuh Adi Subarkah.

Harapan Kepala Desa Seboro, dengan mengikuti aksi nyata penanaman 10 juta pohon ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai revolusi mental yakni gotong royong, yang menjadi ciri khas warga desa dan integritas. “Melalui proses menanam, d iharapkan nilai integritas yaitu tanggung jawab, kejujuran, dan tindakan tertanam pada masyarakat desa Seboro yang selama ini hampir terlupakan, “pungkasnya.

 


Prev Post MallSampah: Buang Sampah di Mall
Next Post Dukung Potensi Desa, Tanam Buah Organik
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook