Kunjungi Desa Budaya Kete Kesu', Menteri Muhadjir Effendy Kagumi Pusaka Kuno

  • 4
  • 78
© Image Doc. PMK

TANA TORAJA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK RI), Prof Dr Muhadjir Effendy MAP, berkesempatan mengunjungi Desa Budaya dan Objek Wisata Kete Kesu, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (19/4/2024).

Kedatangan Menteri Muhadjir Effendy dan rombongan disambut Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, diiringi tarian Pa'gellu Toraya dan To Manganda', sebuah musik bambu.

Pada kesempatan itu, Menteri Muhadjir mengunjungi museum Ke'te Kesu'. Dalam museum ini, diperlihatkan sejumlah kerajinan kuno dan benda pusaka nenek moyang.

Seperti kain tenun kuno, mata uang kuno, ukiran, perhiasan, dan lainnya.

Menteri Muhadjir kagum dengan pusaka kuno yang tersimpan rapi dalam museum ini.

Diketahui, kawasan Kete Kesu sendiri terdapat enam rumah adat tongkonan dengan fungsi berbeda - beda dan 12 lumbung padi yang sudah berusia lebih dari 300 tahun.

Tak hanya itu, adapula tempat pemakaman kuno suku Toraja di tempat itu yang diyakini sebagai pemakaman tertua di dunia yang umurnya sudah lebih dari 500 tahun. Makam itu disebut makam goa dan makam tebing batu.

Kawasan adat Kete Kesu terletak di Lembang Panta'na Kallolo, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, tepatnya di bagian tenggara pusat kota Rantepao.

Muhadjir juga mengunjuni stand kerajinan di sekitar area objek wisata.

Muhadjir Effendy mengatakan bahwa daerah Toraja merupakan salah satu keindahan unggulan RI.

Diketahui bahwa kunjungan Menko PMK RI di objek wisata budaya Ke'te Kesu' merupakan salah satu agenda dalam kunjungan kerja di Toraja, di mana sebelumnya peninjauan lokasi bencana alam tanah longsor di Kecamatan Makale dan Makale Selatan.

Diketahui, bencana longsor menerjang empat rumah warga dan mengakibatkan 20 orang meninggal tertimbun longsor.

"Kita sesama anak Bangsa, turut berduka cita atas musibah yang menimpa warga Toraja yaitu longsor. Tetapi dibalik itu semua, keindahan alam Toraja dan budaya membuat semua orang terpesona. Itu keunggulan Bangsa RI, semoga Toraja cepat pulih kembali," ucapnya.

Diketahui bahwa Muhadjir Effendy, tidak hanya mengunjungi posko Bencana Alam Longsor dan bersapa dengan para pengungsi dan keluarga korban.

Juga sempat mengunjungi rumah sakit tempat korban yang terdampak longsor di Tana Toraja. *FST

Prev Post Festival Lima Gunung, Pesta Budaya Petani Magelang
Next Post Muhadjir Effendy ingin habiskan masa tugas dengan berkantor di IKN
Related Posts
Commnets
Leave A Comment
or

For faster login or register use your social account.

Connect with Facebook